Tips dan Trik Iklan untuk Pengusaha

10/20/2015
INFO PENTING !!!

Solusi memajukan usaha yang lesu, sepi pelanggan agar bergairah !! eksis dan familier. Artikel ini membahas salah satu cara memajukan usaha lewat iklan.
Tips dan Trik Iklan untuk Pengusaha


  • Apa itu Iklan ?

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia berarti pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang dijual, yang dipasang di media seperti radio, televisi, internet dll, atau ditempat-tempat umum.

Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.


Kenapa anda harus beriklan ?

Dalam sebuah dunia usaha, sangat penting bagi anda untuk mengenalkan usaha anda. Jika anda malu, takut mengenalkan usaha anda atau merasa tidak penting untuk mengiklankan usaha anda,  dapat dipastikan usaha anda adalah usaha yang biasa-biasa saja. Ada banyak pengusaha yang berpola pikir primitive, menganggap iklan sesuatu yang tidak penting. Mereka lebih percaya ke dukun/ tempat-tempat keramat untuk mendatangkan pelanggan. Mereka berpatokan pada mitos yang belum turun temurun, cukup menunggu saja. Kalau promosi dari mulut ke mulut saja. Itu ide yang sangat bagus, tetapi berapa lama usaha anda akan di kenal masyarakat luas? Dua tahun? Tiga tahun? Atau bahkan 10 tahun? Oh ya Tuhan……!!!


Sebelum usaha anda maju, sudah banyak usaha pesaing yang bertebaran di sekitar anda !!!
Sekarang ini adalah era informasi, tahun 2015, iklan disebar dengan bantuan teknologi, bukan dengan bantuan jin, wewe gombel atau pun yang mistis. Seperti zaman Bandung Bondowoso ketika mempromosikan dirinya membangun Candi Prambanan, jadi PROMOSIKAN USAHA ANDA SEKARANG JUGA!! SEBELUM SAINGAN MENGAMBIL PELANGGAN ANDA !!!

Ada beberapa alasan mengapa anda harus tetap mengiklankan usaha anda, walaupun seandainya usaha anda sudah memiliki pelanggan yang banyak.
Apa itu ???

  •  Agar pelanggan tahu dan mengenal apa saja produk anda
  •  Mendorong orang untuk melakukan pembelian setelah mengetahui iklan anda.
  •  Iklan dapat digunakan sebagai alat informasi produk baru.
  •  Iklan dalam jangka waktu panjang akan berguna sebagai pembangun reputasi usaha anda/  membuktikan anda tetap eksis.
  • Iklan juga dapat sebagai pengingat pelanggan anda agar kembali berbelanja produk anda.
  • Iklan membangun loyalitas pelanggan
  • Iklan dapat membantu pelanggan lama anda untuk belanja ulang.
  • Iklan yang dikelola dengan baik dan ditindaklanjuti dengan professional akan membantu pelanggan tidak lari ke pesaing.
  • Iklan dalam jangka panjang juga dapat sebagai ajang silaturahmi dengan pelanggan.


Sudah tahu bukan? Iklan sangat bermanfaat untuk kemajuan usaha anda.
Apakah anda terlalu pelit untuk mengeluarkan BIAYA UNTUK IKLAN?

Kalau hal itu terjadi terhadap anda, berarti anda tertinggal satu langkah dengan yang lain. Wajar saja jika usaha anda biasa-biasa saja.

Ada beberapa media iklan sebagai pilihan anda, sebelum anda menentukan media mana yang cocok dengan jenis usaha anda.


Tips dan Trik Iklan untuk Pengusaha

Televisi
Media ini sangat efektif jika kapasitas usaha anda mempunyai jangkauan nasional, hanya saja beriklan di televisi memerlukan biaya yang super mahal.

Koran
Beriklan di Koran juga mempunyai jangkauan luas, bisa nasional dan cenderung lebih murah daripada televisi.

Radio
Jika ruang lingkup usaha anda satu kecamatan, beriklan di radio sangat efektif ini memerlukan biaya Rp. 300.000 – 500.000 perbulan, hanya saja sekarang radio kurang diminati masyarakat.

Internet
        Pilih beberapa situs website yang menawarkan portal iklan gratis, hanya saja peluang iklan anda terbaca sangat kecil, karena bersaing dengan jutaan orang lain dan anda butuh waktu beberapa jam di depan internet.

Media Sosial
Facebook, twitter, dll juga bisa digunakan iklan, ini bagus jika anda tidak punya kegiatan lain selain di depan internet.

Komunitas Bisnis
Ini sangat efektif dan murah karena di dalamnya berisi orang yang peduli dengan dunia bisnis, baik perdagangan barang atau jasa.

Nah, sekarang anda sudah tahu, untuk apa iklan dan kemana harus beriklan?


Tinggalkan pola pikir lama? Mulailah promosikan usaha anda. Semoga anda menjadi usahawan sukses.
Ammiin ……

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK