Mempercepat Loading Blog Pada Blogspot

1/17/2017
Jika anda membaca artikel ini, sudah barang tentu anda mempunyai blog, tapi jika anda belum mempunyai blog, anda bisa baca artikel saya Cara Membuat Blog Di Blogspot.

Membuat loading blog yang cepat dan tidak terasa berat, tentu akan membuat pengunjung lebih nyaman berada di blog kita. Selain itu, loading blog yang responsive bisa juga akan berpengaruh pada peningkatan traffic blog. Selain itu jika loading blog kita lama tentu akan meningkatkan tingkat bounce rate blog kita.

Cara terbaik untuk mempercepat loading blog adalah dengan membuat blog yang seringan mungkin. Semakin banyak komponen, dan semakin besar ukuran setiap komponen penyusun halaman, maka akan semakin lama waktu muat dari blog anda.

Bagaimanakah mengukur atau mengetahui blog kita responsiv atau tidak ?

Ada beberapa tool yang bisa anda pakai untuk mengetahui kecepatan loading blog kita, salah satunya adalah tool vaforit saya yaitu Google PageSpeed, selain itu juga ada beberapa tool lain yang bisa anda gunakan, Web Page Test, Pingdom Tools, GTmetrix,Yahoo! Slow.

Setelah itu apa yang harus kita lakukan ?

Sebenarnya kecepatan loading suatu blog tidak hanya bersumber dari template blog kita, masih banyak faktor lain yang mempengaruhui loading blog, seperti halnya koneksi internet si pengunjung. Kita jangan sampai terlalu dipusingkan dengan keadaan loading blog kita. Sehingga mempengaruhi konsentrasi anda dalam membuat konten yang menarik. Ingat sekarang ini kita di era Google Penguin 3.0, Silahkan baca apa itu Google Update Penguin 3.0.

Hal pertama yang ada harus lakukan adalah membackup template, jadi jika ada kesalahan kita bisa mengembalikan seperti semula. Lanjut ke tahap berikutnya, yaitu mengkompressor CSS blog, memperkecil ukuran gambar, Mengurangi Widget.
  • Membackup template blog
Membackup template blog caranya cukup mudah mungkin juga anda sudah tahu itu. Tapi bagi yang belum tahu kita harus masuk ke akun blogger kita lalu pilih menu Template setelah itu anda pilih Backup/Restore.
  • Compressor CSS Blog.
Mengkompressor CSS blog dengan cara manual, hal itu hanya bisa dilakukan oleh para master-master webblog. Beda dengan kita para pendatang baru, tapi kita bisa menggunakan beberapa web tool seperti,  http://www.csscompressor.com, http://cssminifier.com.
  • Memperkecil ukuran gambar.
Memperkecil ukuran gambar, yang biasa saya lakukan adalah mengambil Screensoot gambar yang akan di gunakan dengan software lightShot, silahkan download di sini. Atau juga anda bisa menggunakan web tool seperti http://jpeg-optimizer.com/.
  • Mengurangi Widget.
Mengurangi pemasangan Widget pada blog, sebaiknya anda membuang widget yang kurang bermanfaat, seperti halnya, widget jam, widget kalender, widget music. Apakah widget mempengaruhi loading blog, tentu saja pada setiap widget pasti memiliki ukuran yang dapat mempengaruhi kecepatan loading suatu blog.

Tutorial Compressor CSS Blog.

Setelah anda membackup template blog anda, lalu cari kode berikut <b:skin>...</b:skin> lalu klik dan copy css yang ada didalamnya dari kode <![CDATA[/* sampai kode ]]>. lalu copy atau cut terserah anda, kemudian kita buka csscompressor dan pastekan kode css pada kolom yang anda lalu klik compress

Jika sudah, copy kode css yang sudah di compress dan letakan kembali pada tempatnya yaitu sesudah kode <b:skin> dan di atas kode </b:skin>. kemudian coba anda save template. Jika tidak berhasil biasanya ada kode yang belum terpasang seperti kode penutup css ]]> 

Jika kita menggunkan Tool Google PageSpeed, kita akan mendapatkan saran mana saja css yang harus di perbaiki. 
Tutorial Mempercepat Loading Blog Pada Blogspot

Sekian Tutorial Mempercepat Loading Blog Pada Blogsepot sederhana dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kawan-kawan . Jika ada pertanyaan silahkan anda tinggalkan komentar di kolom yang telah di sediakan. Sebisa mungkin saya akan menjawab sesuai kemampuan saya. phe

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK