10 Kiat dan Tips Membuka Usaha di Daerah Pinggiran atau Pedesaan

11/24/2015
Wirausaha yang bisa kita jalankan tentunya dengan harapan kesuksesan dalam berwirausaha, ada beberapa kiat dalam membuka wirausaha, khususnya wirausaha di daerah pedesaan.

10 Kiat dan Tips Membuka Usaha di Daerah Pinggiran atau Pedesaan


Dari pengalaman saya dalam berwirausaha di daerah pinggiran atau pedesaan saya akan berbagi sedikit kiat-kiat dalam berwirausaha, hal ini saya sampaikan berdasarkan pengalaman sendiri yang saya alami yang sudah merasakan jatuh bangunnya berwirausaha di pinggiran kota atau pedesaan.

Berikut 10 Kiat dan Tips membuka Usaha di daerah pinggiran atau pedesaan :
1. Penentuan Lokasi
Dalam membuka wirausaha di daerah pinggiran haruslah kita benar-benar mempertimbangkan lokasi kegiatan usaha kita, karena tidak semua lokasi di daerah pedesaan itu ramai, tapi masih blok-blok tertentu saja dan hal ini tentunya menjadi syarat mutlak dalam kita mendirikan tempat untuk wirausaha, dan hal ini nantinya akan menentukan Jenis usaha yang akan kita jalankan.

2. Jenis Usaha
Setelah kita menentukan lokasi berwirausaha baru kita membidik jenis usaha apa yang cocok di tempat yang telah kita pilih, semisal daerah yang kita pilih adalah daerah pertanian pastinya cocok kita membuka usaha tentang dunia pertanian seperti benih, pupuk, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pertanian. Atau kita berdekatan atau berada di komplek sekolah lebih cocok dan tepat kita membuka usaha yang berkaitan dengan dunia pendidikan seperti ATK dan perlengkapan Sekolah.

3. Skill atau Kemampuan
Usaha yang akan kita bangun haruslah kita ukur dengan kemampuan kita, keahlian kita dan minimal kita mengenal bagaimana usaha ini berjalan, bagaimana usaha ini bisa berkembang, jangan sampai kita hanya menjadi seorang penonton di dalam usaha kita sendiri yang tahunya hanya membayar orang untuk melaksanakan pekerjaan yang kita miliki, hal ini nantiya akan menjadikan boomerang pada usaha milik kita sendiri, karena dimana usaha kita maju pastilah akan bermunculan usaha-usaha serupa yang ingin bersaing dengan usaha kita.
 
4. Modal
Lokasi dan Jenis usaha sudah kita tetapkan dan sudah kita pilih kita harus benar-benar mengukur modal yang akan kita gunakan, usaha di daerah pedesaan memiliki banyak rintangan dalam berbagai hal, kalau kita tidak benar-benar mempunyai modal yang besar jangan sampai kita membuka lobang diluar kemampuan yang kita miliki dan diluar omset usaha yang kita punya, bisa-bisa kita akan terjebak dalam situasi dimana kita akan berwirasusaha yang hanya asal jalan atau bisa dikatakan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Peluang 
Berwirausaha di desa janganlah menjadikan kita menjadi mati dalam berkreativitas, setelah usaha kita berjalan dan bisa terwujud kita harus pandai-pandai mencari peluang usaha yang lain, kita cari potensi yang lain kita gali kembali skill dalam diri kita yang sesuai dengan keadaan di daerah yang kita tempati.

6. Jaringan atau Link
Desa adalah suatu daerah yang masih memiliki kekerabatan dan rasa tepo seliro atau persaudaraan yang kuat, usaha akan berkembang baik bila kita bisa membangun keharmonisan hubungan dengan lingkungan atau orang-orang yang kita kenal dan dengan sendirinya usaha kita akan dikenal dari mulut ke mulut oleh masyarakat.

7. Keuletan
Dalam berwirausaha baik di kota maupun di desa dibutuhkan keuletan dan ketekunan tentunya dalam bekerja, usaha tanpa dibarengi dengan keuletan dan ketekunan adalah suatu hal yang sia-sia, yang akan membawa kita pada kebangkrutan. Jadi ini merupakan syarat mutlak dalam berwirasusaha. 

8. Positif Thinking (Berpikiran Positif)
Dalam menjalankan usaha kita harus benar-benar selalu berpikiran positif, dengan selalu berpikiran positif kita akan bisa berwirausaha dengan tenang, damai, tanpa di dasari rasa emosi atau ego yang nantinya bisa menghancurkan usaha kita sendiri. Apapun yang kita jalani kita harus berpkirian ke depan berpikiran untuk maju dan berpikir jernih dalam setiap mengambil langkah-langkah dalam usaha kita.

9.   Kesabaran
Wirausaha di pedesaan atau daerah pinggiran biasanya memerlukan waktu lebih lama dikenal masyarakat dibandingkan dengan usaha yang kita buka di daerah perkotaan, dari itulah dibutuhkan ekstra kesabaran dalam menjalankan Usaha untuk bisa berkembang.

10. Do'a 
Semua Usaha kita akan sia-siap tanpa di iringi dengan do'a, Do'a akan menjadikan percuma belaka jika kita tidak mau beruasaha, jadi kita harus tetap berusaha sampbil berdo'a.Agar usaha yang kita bangun bisa berjalan dengan baik, bisa mendatangkan hasil bagi diri kita juga.

Demikian 10 kiat dan tips dalam membuka usaha di daerah pinggiran atau pedesaan semoga bisa menjadikan manfaat bagi kita semuanya khusunya untuk saya pribadi yang sudah pernah mengalami kembang kempisnya usaha di daerah pedesaan.



Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK