PRINTER IP2770 BLINKING KODE EROR 5B00

2/29/2016

 

Printer Canon IP 2770 adalah jenis printer yang murah, efesien dan handal dalam membantu pekerjaan tugas-tugas kita, tetapi disaat kita sedang membutuhkannya tetapi terjadi kondisi dimana printer mengalami masalah, pasti sangat menjengkelkan dan membuat kesal.

Saya sedikit akan berbagi pengalaman yang saya temui tentang printer Canon IP 2770 yang saya miliki... dalam beberapa kasus blingking atau lampu hijau dan oranye menyala bergantian dapat kita lakukan beberapa hal seperti di bawah ini  : 
  1. 3x blink Orange 1x hijau , kejadian yang paling sering terdapat benda asing yang pada bagian dekat roller , kalau yang agak parah bisa terjadi pada mekanik yang rusak , Solusi,, bongkar printer ( jika sudah tidak bergaransi , kalau masih bawa saja ke service center tempat Anda membelli printer ) cek apakah ada benda asing yang menyumbat,  perbaiki atau ganti mekanik
  2. 4x blink Orange 1x hijau , Wante Ink Pad Full , Solusi ,, Reset Printer pake software
  3. 5x Blink Orange 1x Hijau , bisa Cartridge Hitam atau Warna yang Rusak , Solusi, Cek cartridgenya , bersihkan chip cartridge pake tisu mungkin kotor terkena tinta yang menyebabkan tidak konek , kalau tetap g bisa , ganti cartidge ,, 
  4. 7x Blink Orange 1x hijau , Cartridge yang Warna Rusak/ mati , Solusi,, Ganti Cartridge Warna ,,
  5. 7x blink Orange dan hijau secara bergantian , Waste Ink Pad Full , Ink Absorber Full ,,Solusi,, Pertama  untuk printer yang tidak diinfus / diinfus tp tidak diberi pembuangan , bersihkan busa penyerap tinta pada bagian bawah printer / bisa juga diganti , lalu reset printer menggunakan software resetter.
  6. 8x Blink Orange 1x Hijau , ink tank full ,Solusi,, reset printer menggunakan software resetter,
  7. 13x / 16x blink Orange 1x hijau , Cartridge tidak terpasang dengan baik , pada saat nge print muncul gambar cartridge seperti terlepas ke atas pada layar monitor anda , Solusi,, Tekan dan Tahan Tombol Resume ( di bawah tombol power ) kurang lebih 10 detik.
  8. 14x / 15x Blink Orange 1x Hijau , Cartridge Hitam Rusak / mati , Solusi,, Ganti Cartridge Hitam  

Dalam kasus yg saya temui kode eror di display komputer ditandai dengan kode 5B00 yang artinya printer Ink Absorber Full, tetapi pada saat saya akan mereset dan menjadikan printer dalam keadaan save mode printer tidak dapat masuk dalam keadaan save mode justru menjadi diam dan lampu hijau mati yang menyala hanya lampu oranye. 

Untuk mengatasi hal yang baru ini saya pun mulai gooling, dan rata-rata jawaban yang saya temukan kurang memuaskan, sambil otak-atik dan berfikir sejenak saya coba mengganti mainboard pada printer saya dengan mainboard printer canon IP2770 yang sudah tidak saya gunakan, dan alhamdulillah setelah saya ganti ternyata printer bisa berjalan normal dan lancar. 

Dan dari pengalaman ini saya dapat menyimpulkan ternyata board printer IP2770 saya mengalami kerusakan pada chip Eprom nya sehingga tidak dapat masuk ke mode save mode, untuk direset. 

Semoga secuil pengalaman yang saya alami pada printer canon IP2770 ini bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK