FAEDAH BUAH BELIMBING WULUH UNTUK KESEHATAN

11/30/2015
Bukan hanya daun belimbing wuluh, tetapi buah belimbing wuluh juga berfaedah untuk membantu menurunkan hipertensi. itu terbukti dalam penelitian Fitriyah Yuskha dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor. Ia meneliti efek diuretik buah belimbing wuluh, menurut guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, prof Dr dr Nyoman Kertia SpPD KR, efek diuretik salah satu cara herbal untuk membantu menurunkan tekanan darah. "Dengan sering berkemih, maka volume darah berkurang" ujarnya.


FAEDAH BUAH BELIMBING WULUH UNTUK KESEHATAN


Fitriyah melakukan riset pada 6 kelompok mencit jantan ia lalu mengukur aktivitas diuretik dengan mengukur mengukur volume urine mencit setiap jam selama 5 jam. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol buah belimbing wuluh pada dosis 2,5 g per kg bobot tubuh memberikan aktivitas diuretik kuat pada jam ke-2 dan mencapai maksimum pada jam ke-3 pengamatan. Sebaliknya pada dosis 5 g per Kg bobot tubuh aktivitas diuretik mencit tidak teratur. Artinya, pada dosis 5g sudah tidak efektif sebagai diuretik alamai.

Hasil penelitian Florentina Wulandari, Rosnaeni, dan Sylvia soeng, dari Fakultas KEdokteran Universitas Kristen Maranatha, Bandung Jawa Barat, menunjukkan jus buah belimbing wuluh Averrhoa bilimbi juga dapat menurunkan kadar kolesterol total. Kolesterol merupkan penyebab penyumbatan pada pembuluh darah, pemicu hipertensi. 

Dengan beberapa penelitian ilmiah diatas kita dapat menyimpulkan bahwa buah belimbing wuluh sangat baik dan berkhasiat untuk menurunkan hipertensi, dan kolesterol pada tubuh. 

Dan tentunya ini merupakan kabar baik bagi pengidap hipertensi dan kolesterol apalagi bagi masyarakat karena belimbing wuluh adalah tanaman yang sering dijumpai di masyarakat dan tentunya mudah didapatkan dan murah, bayangkan jika kita harus selalu mengonsumsi obat-obat penurun hipertensi maka tubuh kita akan semakin terbebani juga dengan zat-zat kimia yang tentunya ada di dalam obat tersebut.

Semoga bermanfaat ...

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK