KARSEN SI MANIS KECIL MUSUH SI MANIS

12/02/2015
Manis musuh manis? pertanyaan itu muncul takala anda atau kita terkena penyakit atau gejala penyakit gula atau diabetes, penulis kali ini mengambil judul si manis musuh si manis, hal ini dikarenakan obat yang akan membantu kita menyembuhkan penyakit diabetes ini adalah buah yang berasa manis dan banyak juga disukai oleh anak-anak.

KARSEN SI MANIS KECIL MUSUH SI MANIS
Selain bergizi, buah kerabat ganitri Elaeocarpus sphaericus itu ternyata juga berkahasiat menurunkan gula darah penderita diabetes melitus. Menurut dokter sepesialis penyakit dalam dari Rumah sakit dr. Sardjito, Yogyakarta, Prof Dr dr Nyoman Kertia SpPD KR, penyakit diabetes disebabkan oleh faktor lingkungan dan keturunan. "Lingkungan lebih pada pola hidup sementara keturunan secara genetik," tuturnya. Gejala diabetes berupa polifagi atau banyak makan tetapi masih berasa lapar, polidipsi yaitu selalu merasa haus, dan poliurine ingin berkemih.

Menurut Nyoma Kertia, untuk mengetahui penyakit diabetes melalu pemeriksaan gula darah dan hasilnya atas normal. Sekarang dikatakan diabetes jika kadar gula darah saat puasa diatas 130 mg/dl dan diatas 140 mg/dl setelah dua jam makan. Standar itu sudah berubah sejak 5 tahun terakhir kalau dulu dikatakan diabetes jika kadar gula diatas 140 mg/dl disaat puasa, dan diatas 200 mg/dl 2 jam setelah makan.

Menurut Dra Sriwahyuni M Kes, pembimbing penelitian, senyawa paling berperan sebagai antidiabetes adalah niasin, Fungsinya menekan gula darah. Menurut Sri Wahyuni selama buah kersen kurang termanfaatkan. padahal buah itu menyimpan senyawa-senyawa yang berkhasiat untuk kesehatan. 
Selain niasin buah karsen mengandung asam askorbat dan betakaroten "senyawa itu bersifat antioksidan dan mampu menghambat radikal bebas, sehingga mampu menyehatkan tubuh terutama pankreas. 

Di Filipina buah karsen juga dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit sakit kepala dan flu, selain sangat bermanfaat untuk mengobati diabates seperti dibuktikan oleh riset pra klinis daun kersen sebagai antidiabetes lebih dahulu sebelum dilakukan peneliaitan terhadap buah karsen. 

Jadi sekarang kita mengetahui bahwa buah karsen yang banyak terdapat di sekitar kita dan sering berjutahan karena matang dan belum banyak yang memanfaatkan ternyata sangat baik untuk menyembuhkan penyakit secara alami dan tentunya sudah melalui beberapa penelitian ilmiah.

Semoga bermanfaat 

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK