Karya Tulis Kunjungan Wisata Malang

10/08/2015
Selamat malam bloger mania ....

Malam ini dikarenakan dorongan secangkir kopi dan hidanganya penulis belum bisa memejamkan mata, jadi masih asik otak atik blog penulis yang lama sudah tidak pernah posting . Sambil otak atik blog sedikit penulis ingin berbagi contoh karya tulis yang pernah penulis buat untuk keponakan yang masih duduk di bangku SMP kelas 2, setelah melaksanakan Study Tour.

Dan tentunya masih banyak kekurangan di sana-sini untuk contoh penulisan ini. semoga dengan postingan ini adik-adik SMP yang sudah melaksanakan study tour sedikit terbantu dan terinspirasi untuk segera melaksanakan tugas karya tulis. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan berguna bagi adik-adik semuanya. Untuk memulai penulisan karya tulis adik-adik bisa menggunakan microsoft word dengan acuan sebagai berikut

Page Setup
Top       = 4 cm
Left       = 4 cm
Rigt       = 3 cm
Bottom = 3 cm

Dengan paper size atau ukuran kertas menggunakan A4 atau Quarto
Selamat mencoba .... 

Karya Tulis Kunjungan Wisata Malang
BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Pendidikan sangat penting untuk setiap orang karena pendidikan itu sendiri menyangkut masa depan, serta merupakan upaya untuk mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan tidak hanya tanggung jawab seorang guru, pemerintah, masyarakat maupun orang tua. Namun semua lapisan masyarakat Indonesia juga ikut bertanggung jawab atas terwujudnya pendidikan nasional. Yakni dengan menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan dan tanggung jawab yang merupakan upaya untuk terwujudnya pendidikan nasional yang bermutu tinggi dan berbudi pekerti luhur.
Sebab itulah untuk mewujudkannya ada beberapa kegiatan yang menunjang pendidikan, salah satunya yang sangat menunjang adalah karya wisata. Dengan karya wisata, siswa dapat lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan.
B.   Tujuan Penulisan
Penulis memilih judul karya tulis ini “Malang dan Surabaya Objek Wisata Impian” tentu banyak hal menarik yang bisa dipetik atau diungkapkan. Dalam pelaksanaan karya wisata pastilah mempunyai tujuan yng sangat penting, diantaranya agar siswa dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang telah di dapat selama ini, dan dengan diadakannya karya wisata dapat pula menambah pengalaman bagi siswa. Serta dapat meningkatkan pengetahuan, keakraban dan kekeluargaan pada siswa-siswi. Dalam karya wisata ini siswa-siswi di harapakan lebih dekat dan dapat mempraktekkan ilmu yang di dapat dari Bapak/Ibu guru dalam museum, terutama dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
C. Metode Pengumpulan Data 
Di dalam pembuatan karya tulis ini perlu adanya metode. Yang tidak lain adalah :
1.      Informatika
Secara tidak langsung, mendengarkan penjelasan yang diberikan petugas,bertanya kepada guru pembimbing.
2.      Observasi
Mengamati obyek secara langsung dengan indra kita.
BAB II
PELAPORAN

A.  Jembatan Suramadu
Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan pulau jawa yaitu Surabaya dengan pulau Madura atau kota Madura. Tidak heran jembatan diberi nama Suramadu yang merupakan singkatan dari masing-masing kota. Awal pembangunan jembatan ini sendiri dimulai pada tahun 2003 dan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri dan setelah 7 tahun pembangunan akhirnya terselesaikan.

Panjang jembatan Suramadu 5.438 meter menjadikannya Jembatan Nasional terpanjang di Negara Indonesia. Bentuk bangunannya yang mantap dan kokoh menjadi penghubung antara dua pulau. Saat malam hari maka jembatan ini akan dihiasi oleh lampu-lampu yang menambah kecantikan pemandangan jembatan tersebut.

Jembatan Suramadu Surabaya ini terdiri dari tiga bagian yaitu jembatan utamanya, jembatan layang, serta jembatan penghubung. Selama pembangunan jembatan ini memakan biaya sekitar 4,5 triliun rupiah. Selama melewati jembatan ini maka anda disuguhkan pemandangan menarik dari selat Madura apalagi jika anda melintasi jembatan ini saat malam hari.
B.  Museum Kapal Selam
Monumen kapal selam (monkasel) adalah sebuah monument kapal selam terbesar dikawasan Asia, yang dibangun disisi sungai kalmias, Surabaya. Monument ini dibangun dengan ide para sesepuh kapal selam dari Angkatan Laut.

KRI Pasopati 410, termasuk tipe SS Whiskey class. Dibuat di Vladi Wostok Rusia pada tahun 1952. Kapal selam ini berpartisipasi di Angkatan Laut sejak tangal 29 Januaru 1962, tugas utama adalah untuk menghancurkan garis musuh (anti shipping), pengawasan dan melakukan penggrebekan secara diam-diam.

KRI PAsopati 410 telah mengambil peran besar untuk mempertahankan hokum kelautan, seperti OPerasi Trikora. KRI Pasopati 410 turun ke belakang garis musuh, member penindasan secara psikologis.
Spesifikasi KRI PAsopati 410 antara lain :
  1. Panjang : 76,6 m
  1. Lebar : 6,30 m
  1. Kecepatan : 18,3 Knot diatas permukaan laut
13,6 Knot dibawah permukaan laut
  1. Berat penuh : 1.300 ton
  1. Berat kosong : 1.050 ton
  1. Kemampuan penemuan : 8.500 mil laut
  1. Baterai : 224 unit
  1. Bahan bakar : diesel
  1. Persenjataan : 12 Torpedo uap gas
  1. Baling-baling : 6 lubang
  1. Awak kapal : 63 termasuk komandan
  1. KRI PAsopati memiliki 7 ruangan yaitu :
a.       Ruang untuk haluan Torpedo, dipersenjatai
b.      Dengan 4 Torpedo propeller, juga bertindak sebagai ruang penyimpanan Torpedo
c.       Ruang komandan
d.      Ruang makan
e.       Ruang kerja. Dibawah dek adalah ruang untuk baterai 1. Jembatan utama dan pusat komando. Penyimpanan makanan dibawah dek
f.       Ruangan awak kapal, dapur, dan penyimpanan untuk baterai II dibawah dek
g.      Ruangan mesin diesel dan terminal mesin, kamar mesin listrik
h.      Ruangan Torpedo untuk bagian buritan. Berisi dengan 2 buah Torpedo
C. Pusat Kerajinan Kulit Tanggulangin
Tanggulangin adalah salah satu kecamatan di Sidoarjo yang kebanyakan penduduknya merupakan pengrajin kerajinan kulit. Sentra kerajinan kulit di Tanggulangin ini berlokasi di Jl. Kludan Raya Tanggulangin. Berbagai macam kebutuhan yang berbahan kulit diproduksi di tempat ini mulai dari sandal, sepatu, tas, dompet, koper, jaket, serta barang yang berbahan dasar kulit lainnya. Kerajinan kulit sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1939. Pada saat itu beberapa pengrajin tas di Tanggulangin memulai usahanya dengan pembuatan tas dan koper. Pada tahun 1976 didirikanlah Koperasi Industri Tas dan Koper atau yang disebut INTAKO.
Kawasan ini tergolong ramai pengunjung, jarang sekali didapati sepi dari pengunjung. Puncak keramaian pengunjung terjadi bila menjelang musim liburan sekolah/libur nasional, pengunjung berdatangan dari berbagai daerah di tanah air, bahkan ada pula pengunjung yang datang dari manca negara. Untuk menjangkau lokasi wisata kerajinan kulit ini cukup mudah, karena letaknya di Jalan Raya Malang – Sidoarjo dan beberapa meter dari jalan raya Malang – Surabaya (Via Jalan Tol). Kalau dari Bandara International Juanda, jaraknya sekitar 20 Km.
Bagi anda yang ingin melihat Wisata Lumpur Lapindo di Porong, maka anda tidak akan rugi jika sejenak mampir di Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin ini. Karena letaknya hanya sekitar 100 m dari Wisata Lumpur Lapindo.
Ketika memasuki area industri kerajinan kulit Tanggulangin, anda akan disambut oleh banyak ruko yang berjajar rapi disepanjang jalan. Untuk pengunjung yang suka dengan fashion, di kawasan ini juga banyak toko-toko dengan desain yang memiliki banyak pola terupdate yang dipajang di Show Display toko. Oleh karena itu, pengunjung bisa saja menikmati window shopping sebelum memasuki toko tersebut.
Berbagai produk yang ditawarkan memiliki berbagai macam harga, berkisar antara puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Untuk ukuran kualitas, anda jangan salah, meski harganya relatif murah, namun untuk segi kualitas jangan dianggap remeh, karena memang sudah terbukti hasil dari pengrajin kulit Tanggulangin telah terkenal oleh masyarakat Jawa Timur akan kualitas yang tinggi serta keawetan produknya.

D. Batu Night Spektakuler (BNS)
Batu Night Spectacular adalah sebuah tempat rekreasi yang seru di kota Batu, tepatnya berada di desa oro-oro ombo. Perjalanan menuju BNS menggunakan kendaraan pribadi memerlukan waktu tidak lebih dari 15 menit dari pusat kota, jika lalu lintas sedang lancar. Sesuai namanya, Batu Night Spectacular merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang hanya dapat dinikmati pada malam hari, buka mulai pukul 15.00 sampai dengan 24.00. denan memiliki waktu operasional dimalam hari, BNS merupakan sebuah alternative tujuan untuk melepaskan penat dari beban rutinitas kerja atau kegiatan lain yang telah dilakukan pada siang hari. Rasanya saya tidak berlebihan jika saya menyebut BNS sebagai satu-satunya tempat rekreasi keluarga yang dapat dinikmati pada malam hari untuk seputar kota batu. Mungkin inilah disneyian kota batu.
BNS sendiri menyajikan aneka wahana permainan yang bisa dinikmati untuk seluruh anggota keluarga. Dan adapun puluhan wahana yang sangat menarik seperti gallery hantu, slalomtest, sepeda udara tinggi, lampion garden, trampoline dan lain-lain. BNS yang memiliki luas 3.000 meter bukan hanya untuk wahana saja tapi disana juga menyediakan makanan dan minuman yang dapat dipilih sesuai selera yang dinamakan food court.
Kenikmatan di food court bukan hanya pada menu makanan atau minumannya. Tetapi juga sajian yang diberikan saat pengunjung menikmati makanan maupun minuman. Ditengah-tengah menikmati hidangan, manajemen BNS akan menyajikan show time. Dapat dilihat satu-satunya pertunjukan yang ada di Indonesia. Di BNS juga menyediakan tarian air mancur setelah puas menyaksikan tarian air mancur, pengunjung masih disuguhi dengan pertunjukan yang menggunakan layar lebar terpanjang di Indonesia. Pertunjukan ini memberi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Dengan layar 50 meter diatas kita.

E.  Taman Bermain Sleketa
Selecta merupakan salah satu temppat wisata yang favorit di kawasan Malang, tempatnya di kota Batu. Tempat wisata yang satu ini memang sangat indah, apalagi untuk anda yang ingin berwisata bersama dengan keluarga anda. Selecta adalah tempat rekreasi yang tepat untuk itu. Salah satu tempat wisata di Malang ini sangat tepat untuk anda yang suka dengan hawa yang dingin dan sejuk. Tepatnya taman rekreasi selecta ini lokasinya di Desa Tulung rejo kota Batu Malang. Begitu anda akan memasuk area Taman Rekreasi Selecta di kota Batu Malang, Jawa Timur, akan terlihat sebuah gapura yang bertuliskan selamat dating, seperti pada area tempat rekreasi pada umumnya. Pada hari libur/ weekend biasanya akan sangat ramai sekali.
Harga tiket masuk selecta dikota Batu Malang
Dengan biaya kurang lebih sekitar Rp. 15.000/ orang, anda sudah mendapatkan tiket masuk plus tambahan uang parker Rp. 2.000.
Fasilitas di Taman Rekreasi Selecta
Bisa dikatakan taman rekerasi selecta ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk tempat rekreasi keluarga, karena disini tersedia area untuk orang dewasa dan juga anak-anak.
Hal Menarik di Taman Selecta Malang
Hal menarik yang terdapat di Taman Rekreasi Selecta di Batu Malang ini adalah puncak selecta. Anda bisa menyelusuri jalan setapak untuk mencapainya dan disana anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam yang begitu menyejukan mata disini terdapat hamparan sawah yang luas dan dikelilingi oleh pegunungan.
Taman Buanga di Selecta Kota Batu Malang
Taman rekreasi selecta ini juga memiliki taman bunga yang lokasinya berada tepat ditengah-tengah area wisata, hamparan bunga warna warni yang sangat beragam bentuk dan jenisnya adalah sebuah keindahan sendiri yang dimiliki oleh taman rekreasi selecta ini.
Asal usul dari nama Selecta
Nama selecta berasal dari bahasa Belanda, yang artinya adalah pilihan. Tempat rekreasi ini memanglah salah satu pilihan yang tepat untuk anda yang ingin berwisata bersama keluarga menuju kota Malang, Jawa Timur.
F.  Agro Industri Apel Malang
Malang terkenal sebagai salah satu pelopor wisata agro, hal ini diawali oleh berdirinya Kusuma Agrowisata tahun 1991. Dan konon pihak pengelola mengklaim kalau Kusuma Agro merupakan wisata agro pertama di Indoensia yang berfasilitas hotel, ruang meeting dan berbagai perlengkapan pendukung lainnya.
Berlokasi di tengah kota Batu, Malang, tempat ini dibangun di kawasan bernuansa perbukitan. Kusuma Estate merupakan sebuah kawasan hunian yang private dan nyaman, jauh dari bisingnya lingkungan perkotaan bernuansa modern tropis. Didesain secara detail dan terperinci dan dibangun dengan material lokal kelas satu yang didominasi dengan unsur alam, kayu, dan batu menjadikan hunian ini memberikan kesan hangat dan modern.
Kebun apel
Yang menarik dari Kusuma Agro sebetulnya adalah  wisata petik buah di kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, strawberry dan sayur hidroponik bebas pestisida. Karena terletak di ketinggian ±1000 meter di atas permukaan laut, maka tempat ini sangat sejuk. Cocok sekali untuk wisata petik buah diikuti dengan jalan-jalan di sepanjang kebun.
“Bu yang itu…yang itu…,” teriak seorang anak kecil yang sedang memetik buah apel bersama Ibunya. Nampak sekali wajah keceriaan anak tersebut karena bisa memetik apel dari pohonnya lansung. Dan beberapa anak SMU juga terlihat senang, saling mencari apel besar yang sudah bisa dipetik.
Pihak pengelola menyediakan paket-paket wisata petik buah, dari mulai paket hanya memetik dua jenis buah, sampai dengan paket memetik semua buah yang ada di Kusuma Agro. Nah setelah kita lelah dan berkeringat memetik buah, di pos terakhir kita akan diberikan makan dan minuman dengan beberapa menu yang sudha ditentukan.
Selain kebuh buah, pihak pengelola juga membangun industri minuman yang berbasis buah-buahan yang dihasilakn dari kebun sendiri. Kusuma Agro Industri berawal pada tahun 2000, dibangun sebgai 'Home Industri' dengan bahan utama buah apel. Pada awalnya memproduksi Sari Apel, Jenang Apel, Wingko Apel, Selai Apel dan Brem Apel.
Mulai tahun 2002, mulai menggunakan peralatan semi modern dengan menggunakan boiler. Produk apel ini sudah menjangkau daerah JawaTimur, Jawa Tengah, Jakarta dan Bali. Pada awal 2006, industri memisahkan diri menjadi satu divisi yang berdiri sendiri, yaitu divisi Agro Industri.
Sebagai 'pemain' baru di dunia industri, Kusuma Agro Industri mengembangkan produk-produk yang inovatif. Semua produk kami menggunakan bahan dasar alami yang kami peroleh dari kebun Kusuma Agrowisata dan bekerja sama dengan petani di sekitarnya. Adapun produk unggulan Kusuma AgroIndustri adalah Sari Apel dimana Kusuma AgroIndustri adalah pelopor untuk produk tersebut, yang kemudian diikuti produsen lain.
Selain home industry, Kusuma Agro juga dilengkapi dengan KAA adalah semacam lembaga yang berfungsi membantu menganalisis dan mengkaji problema atau masalah yang berkaitan dengan segala aspek pengembangan agribisnis dan agrowisata serta mencari solusinya

G. Jatim Park 2
Jatim Park 2 atau Jawa Timur 2 menjadi salah satu icon wisata baru di Malang dan Jawa Timur. Jatim Park masih satu manajemen yang sama dengan Jatim Park 1. Jatim Park 2 menjadi alternative wisata di Jawa Timur karena cirri khas yang dimiliki.
Jatim Park 1 lebih menonjolkan sisi edukasi dan rekreasi. Sedangkan Jatim Park 2 lebih menonjolkan sisi alam yang dipadukan secara apik sehingga menarik untuk dikunjungi. Dan mungkin seharian juga masih belum cukup waktu untuk menjelajahi semua wahana yang disediakan di Jatim Park 2. Jatim Park 2 menonjolkan tiga wisata favorit yaitu Museum Satwa, Hotoh pohon (Pohon inn), dan kebun binatang kompak (Bath secret zoo).
Museum Satwa
Museum satwa didesain sebagai lembaga konservasi Ex-situ satwa liar, seluruh satwa awetan yang ada di museum satwa bukan hasil buruan melainkan dengan mengawetkan satwa yang telah mati. Setiap awetan atau replica ditempatkan pada lokasi yang dibuat mirip dengan habitat aslinya sehingga pengunjung bisa langsung membayangkan kehidupan asli binatang tersebut.
Museum satwa Malang dilengkapi dengan binatang dari seluruh penjuru dunia seperti Afrika, Amerika, Asia, Australia, Artik, dan Antartika. Museum satwa juga menyimpan memiliki koleksi binatang purba dalam bentuk replica seperti Tyrannosaurus-Rex, Aparosaurus, Mammoth, Stegosaurus, dan replica satwa purba lainnya.
Batu Secret Zoo
Batu secret zoo adalah kebun binatang dengan konsep modern. Areal mungkin tidak seluas kebun binatang yang lebih dulu ada namun soal koleksi tidak kalah lengkap dengan penataan yang rapi.
Dikebun binatang Batu Secret Zoo anda bisa menikmati sajian apik berupa akuarium, Tiger Land, Café Istana Semut, River Adventure, binatang Afrika di Savannah, taman kuda nil dan buaya, area bermain Fantasy Land, serta Taman Safari.
Hotel Pohon Inn
Hotel ini unik karena desainnya seolah-olah anda tinggal disebuah pohon raksasa. Pohon Inn Hotel didesain khusus dan baru satu-satunya di Indonesia dilengkapi fasilitas restoran fast food berputar, bernuansa hutan dan dikelilingi oleh binatang hidup.
Hotel pohon inn dikelilingi oleh keindahan gunung Arjuna, gunung Banyak, dan bukit Panderman, sehingga memiliki pemandangan yang sangat indah. Letaknya juga mudah dijangkau hanya 30 menit dari kota Malang, 90 menit dari Surabaya Internasional Airport, 5 menit dari wahana BNS, 5 menit dari wisata Jawa Timur Park 1.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah penyusun mengadakan kunjungan objek wisata, maka penyusun dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
Kota Malang-Surabaya adalah kota yang banyak mengandung sejarah. Disana banyak terdapat tempat wisata yang bersejarah. Maka dari itu apabila kita berwisata Malang-Surabaya sebaiknya kita tidak boleh hanya bersenang-senang saja. Kita juga harus mengetahui sejarah tentang tempat tersebut.

B.  Saran
Dari kesimpulan diatas, kami menyarankan agar :
1.      Lestarikan budaya bangsa Indonesia
2.      Jangan sekali-kali melupakan sejarah
3.      Kunjungilah tempat-tempat wisata agar tambah pengetahuan
4.      Obyek wisata di Indonesia harus kita jaga
5.      Sebaiknya sebagai wisatawan kita yang belum pernah kita kunjungi karena itu akan menimbulkan kerugian bagi diri kita sendiri
DAFTAR PUSTAKA
1.      Wikipedia, 2009, Jembatan Nasional Suramadu,

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK